THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

11 September 2009

PROFIL JOY FELLOWSHIP

PROFIL JOY FELLOWSHIP

Sekilas Tentang Kota Jogja

Keberadaan JOY tidak lepas dari keadaan kota Jogja dan dinamikanya. Jogja sebagai kota persinggahan terbesar bagi mahasiswa di Indonesia memiliki lebih dari 130 perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa lebih dari 230.000 orang. Sebagai kota pelajar, Jogja menjelma menjadi kota yang dipenuhi oleh mahasiswa dengan segala macam gaya hidup yang mewarnainya.

Gaya hidup yang bebas merupakan kekhasan tersendiri bagi mahasiswa di Jogja. Bebas untuk bergaul, bebas untuk mengambil keputusan, bebas untuk berkegiatan, bebas untuk bersikap, dan bebas untuk berpikir tanpa pengawasan orang tua, khususnya mahasiswa yang tinggal di kos-kosan. Dengan kondisi demikian, seringkali mahasiswa terbawa masuk ke dalam kehidupan yang kurang baik.

B. Sekilas Tentang JOY Fellowship

Melihat kondisi Jogja yang demikian, JOY Fellowship (persekutuan JOY) melakukan pelayanan khusus kepada mahasiswa mulai tahun 1992. Dr. Son Chang Nam, yang waktu itu diutus dari Korea Selatan untuk mengajar di Universitas Kristen Duta Wacana Jogjakarta, memulai pelayanan JOY disemangati dengan pernyataan misi : “We Are Ambassadors For Heaven To The Earth” (Kami Adalah Utusan-Utusan Surga Bagi Dunia).

Pernyataan misi ini merupakan semangat bagi semua anggota JOY untuk menyadari keberadaan dirinya supaya selalu membawa misi untuk menghadirkan nilai-nilai hidup Kristiani di kalangan mahasiswa melalui semua aktivitas hidup yang mereka lakukan.

Visi JOY

Semangat misi di atas dibawa ke dalam pelayanan dengan visi untuk menjadikan mahasiswa yang bergabung dengan JOY menjadi :

1. Orang Kristen yang berkomitmen kepada Tuhan dan sesama

( To be a Committed Christian )

2. Orang Kristen yang membawa pengaruh untuk orang lain melalui kehidupan yang berkomitmen kepada Tuhan dan mengasihi sesama.

3. ( To be a Contagious Christian )

Orang Kristen yang selalu mau mengikuti dinamika dunia tanpa kehilangan komitmen kepada Tuhan dan sesama melalui kehidupan yang kontemporer. (To be a Contamporary Christian)

Bagian-Bagian Pelayanan JOY

Di dalam menjalankan pelayanannya, JOY ditopang oleh 6 bagian besar yang disebut department, yakni :

§ Mass Meeting Department

§ Campus Ministry Department (CMD)

§ Human Resource and Development Department (HRD)

§ Management Department

Setiap Department selalu berkoordinasi untuk melibatkan dan membina mahasiswa yang bergabung di dalam JOY sesuai dengan visi dan misi JOY.

Kegiatan JOY

Adapun kegiatan JOY antara lain,

1. Pertemuan besar yang disebut J-Night Party (JNP), yang mertanggung jawab adalah Mass Meeting Departement. Pertemuan ini adalah pertemuan antar anggota JOY dan mahasiswa-mahasiswa yang baru bergabung di JOY. Acara ini sekaligus juga menjadi wadah kreativitas anggota JOY. Untuk mendukung pelayanan JNP, terdapat 8 ministry pendukung :

a. Music Ministry

b. Drama Ministry

c. Choir Ministry

d. Dance Ministry

e. Equipment Ministry

f. Fellowship Ministry

g. Publishing Ministry

h. Multimedia Ministry

2. Pertemuan Kelompok Kecil, di mana anggota JOY dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil (6-15) dengan bahan diskusi (Pemahaman Alkitab, maupun topic-topik populer) yang sudah disusun oleh para staf bagian CMD JOY.

Bahan untuk PA dibagi menjadi beberapa bagian besar :

a. New Community

b. Growth

c. Mature

d. Satu bahan untuk mempersiapkan multiplikasi

Topik-topik populer misalnya : tentang Dating, Manajemen Diri, Study Habits dsb.

3. Pelatihan yang diadakan secara periodik dengan bahan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuahan mahasiswa.

Di pelatihan JOY bahan dibuat berdasarkan tingkat komitmen anggota JOY :

a. Kelas 100-an untuk teman-teman baru, adapun tekanan materinya adalah penanaman dasar-dasar kehidupan Kristen dan pemahaman tentang nilai-nilai persekutuan JOY

b. Kelas 200-an untuk teman-teman yang mulai aktif di ministry dan dipersiapkan menjadi leader di JOY.

c. Kelas 300-an untuk teman-teman yang sudah melayani sebagai pemimpin di JOY

d. Kelas 400-an untuk teman-teman yang dipersiapkan menjadi staf di JOY

4. Selain kegiatan di atas, teman-teman mahasiswa secara periodik (3-4 bulan sekali) mendapatkan penyegaran visi melalui Vision Meeting sesuai dengan bagiannya.

Anggota JOY

Anggota JOY adalah mahasiswa yang tertarik bergabung dengan JOY dan selanjutnya mengikuti pembinaan di kelompok kecil dan pelatihan. Mahasiswa yang bergabung di JOY datang dari berbagai Universitas di Jogja dan berbagai denominasi gereja.

0 komentar: